Peluang Usaha Modal Dibawah 100 Jutaan WA:0813.9858.8880

Bisnis Franchise Dengan Investasi Modal dibawah 100 jt

Tips Agar Tidak Salah Memilih Bisnis Waralaba

/
/
117 Views

Tips Agar Tidak Salah Memilih Bisnis Waralaba

Banyak orang yang punya harapan ingin memiliki bisnis sendiri, sayangnya mereka enggan mewujudkannya kurangnya kemampuan dalam mengelola bisnis dengan baik. Namun, anda tidak perlu khawatir karena sekarang ini sudah ada model bisnis yang cocok untuk anda yang merasa kurang mampu mengelola bisnis dengan baik yaitu bisnis waralaba

Dengan menjalankan bisnis waralaba maka anda sebagai mitra tinggal mengikuti sistem yang telah dibuat oleh penyedia waralaba sehingga anda tidak perlu repot-repot membuat sistem bisnis lagi.

Namun, bukan berarti anda lepas tangan sama sekali, anda tetap harus  terjun langsung untuk menjalankan sistem bisnis dan memantau penjualan produk setiap harinya.

Jangan asal memilih binsis waralaba supaya investasi yang anda keluarkan tidak sia-sia. Berikut ini tips agar tidak salah memilih bisnis waralaba :

Pilih waralaba yang Sesuai dengan Modal dan Menguntungkan

Tahap pertama yang harus dilihat ketika memilih binsis waralaba yaitu modal atau investasi yang harus dikeluarkan sudah sesuai dengan modal yang anda miliki.

Sangat tidak disarankan meminjam modal ke bank karena nantinya anda akan merasa terbebani dengan cicilan yang harus dibayar setiap bulannya.

Pilih Bisnis Waralaba yang Kantor Pusatnya Jelas

Selain mempertimbangkan modal yang harus dikeluarkan, anda juga harus memilih waralaba yang memiliki kantor pusat dengan alamat yang jelas. Sehingga, ketika terjadi masalah pada produk ataupun sistem bisnisnya, anda tidak kesulitan mencari alamat kantor pusatnya untuk komplain.

Cari Waralaba yang Harga Produknya Terjangkau

Poin penting selanjutnya yaitu memilih bisnis waralaba yang harga produknya tidak terlalu mahal atau masih terjangkau oleh pasar. Mahal atau tidaknya produk yang dijual tergantung dari segmen pasar yang menjadi target anda.

Contohnya, jika anda menjual ayam bakar seharga Rp 30.000 per porsi untuk kalangan menengah keatas mungkin harga tersebut masih dianggap wajar, tapi harga tersebut akan dianggap mahal jika segmen pasar anda menengah ke bawah.

Produk Berkualitas

Salah satu penyebab suatu bisnis bisa sukses dan terus berkembang adalah karena kualitas produknya. Jika produk tersebut berupa makanan, pastikan makanan tersebut memiliki tekstur yang enak dilihat dan rasa yang lezat.

Lihat Mitra yang Sudah Bergabung Terlebih Dahulu

Supaya anda tidak salah memilih, lihat mitra yang lebih dulu sudah bergabung seperti apa perkembangan bisnisnya. Jika mitra sebelumnya tetap bertahan dengan bisnis waralaba yang diambil bahkan terus berkembang, berarti bisnis waralaba tersebu direkomendasikan tapi jika mitra yang bergabung sebelumnya banyak yang berhenti maka bisa dibilang bisnis waralaba tersebut memiliki kualitas yang buruk.

Analisa Tingkat Persaingan

Perhatikan seberapa besar dan seberapa ketat persaingan bisnis waralaba yang akan anda pilih. Jika persaingannya sudah terlalu ketat bahkan cenderung sudah “tidak sehat” sebaiknya anda pilih bisnis waralaba yang lain.

Memiliki Izin Resmi

Ini poin yang paling penting, pastikan bisnis waralaba yang anda pilih memiliki izin resmi atau sah secara hokum. Karena tidak sedikit bisnis waralaba yang hanya dijadikan kedok untuk tindakan penipuan.

Biasanya, penyedia waralaba yang memiliki izin resmi tidak akan ragu untuk menunjukan dokumen perizinannya kepada para mitra bisnisnya.

Dengan mengikuti tips agar tidak salah memilih bisnis waralaba di atas diharapkan anda bisa memilih bisnis waralaba dengan tepat sehingga investasi yang anda keluarkan dapat memberikan keuntungan yang besar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text
Chat Whatsapp