Peluang Usaha Modal Dibawah 100 Jutaan WA:0813.9858.8880

Bisnis Franchise Dengan Investasi Modal dibawah 100 jt

Keuntungan Memanfaatkan Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

/
/
117 Views

Keuntungan Memanfaatkan Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

Memanfaatkan peluang usaha dengan berternak hewan menjadi hal yang sudah lazim dilakukan. Hal ini terjadi karena penghasilan yang didapatkan dari hasil berternak lebih besar bahkan bisa berkali-kali lipat ketimbang harga pembelian bibit ternak. Tapi tentu saja anda juga harus mempersiapkan dana untuk membeli pakan ternak, menyediakan kandang ternak, dan waktu untuk mengurus peternakan anda (jika tanpa karyawan).

Peluang usaha ternak juga terbuka lebar bagi siapa saja. Salah satu peluang usaha ternak yang ramai adalah peluang usaha ternak ayam kampung. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika memilih untuk memanfaatkan peluang usaha ternak ayam kampung.

  1. Citarasanya lebih enak, jadi cocok untuk supply ke rumah makan

Ayam kampung memiliki rasa yang lebih enak dan gurih untuk bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Seperti ayam goreng, ayam bakar, ayam geprek, maupun ayam krispi. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih senang memakan olahan ayam kampung ketimbang ayam broiler. Nah, karena hal itu juga, banyak rumah makan atau lesehan yang menyajikan menu lalapan yang meminta supply ayam kampung langsung pada peternaknya.

  1. Harga jual lebih tinggi

Alasan yang kedua tentang mengapa peluang usaha ternak ayam kampung lebih menguntungkan adalah harga jualnya yang lebih tinggi. Hal ini bisa anda lihat sendiri, makanan yang berbahan dasar ayam kampung akan lebih mahal dengan makanan yang bahan dasarnya ayam broiler. Ini terjadi karena harga ayam kampung dari peternak juga tinggi.

Penyebabnya adalah masa panen ayam kampung lebih lama daripada ayam broiler, dan juga citarasanya lebih enak dan gurih. Tidak hanya daging ayamnya, telur ayam kampung pun juga lebih tinggi harganya dibanding dengan telur ayam biasa. Jika telur ayam biasa dijual 10.000 hingga 12.000/kg maka 1 butir telur ayam kampung harganya bisa mencapai 2000 rupiah.

  1. Lebih tahan terhadap penyakit

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dengan memanfaatkan peluang usaha ternak ayam kampung adalah, peluang untuk gagal panen lebih sedikit karena ayam kampung lebih tahan terhadap penyakit. Sehingga kemungkinan ayam mati lebih sedikit dibanding dengan ayam broiler. Dengan begitu andapun bisa menapatkan pemasukan yang lebih besar dari peternakan ayam anda.

  1. Kandungan gizi lebih baik

Dibanding ayam broiler, ayam kampung memiliki kandungan gizi yang lebih baik. Ayam kampung juga rendah lemak. Sehingga cocok untuk anda yang sedang diet. Selain itu bagi anda yang memiliki alergi pada daging ayam, alergi anda tidak akan muncul secepat ketika anda memakan olahan ayam broiler jika anda makan olahan ayam kampung karena zat yang membuat alergi tersebut kandungannya pada ayam kampung lebih sedikit. Oleh karena itu, ayam kampung aman untuk dikonsumsi. Dan oleh karena ayam kampung banyak peminatnya, tentu saja para peternak ayam bakalan panen berkah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text
Chat Whatsapp