Peluang Usaha Modal Dibawah 100 Jutaan WA:0813.9858.8880

Bisnis Franchise Dengan Investasi Modal dibawah 100 jt

Cara Terbaik Agar Bisnis Kecil Bisa Bersaing Dengan Bisnis Besar

/
/
93 Views

Cara Terbaik Agar Bisnis Kecil Bisa Bersaing Dengan Bisnis Besar

Persaingan adalah bagian alami dari kehidupan sebagai bisnis kecil. Tapi itu bisa menjadi sesuatu yang menakutkan ketika Anda berhadapan langsung dengan pesaing yang jauh lebih besar. Perusahaan besar memiliki banyak keuntungan. Mereka memiliki merek yang lebih dikenal, dan mereka dapat dengan mudah mengeluarkan Anda dari pemasaran dan periklanan untuk mempertahankan keunggulan itu.

Mereka dapat menggunakan skala ekonomi untuk memotong harga Anda, mereka dapat menggunakan sumber daya mereka untuk membeli lebih besar, toko yang lebih baik atau peralatan yang lebih bagus, dan banyak lagi. Jadi bagaimana Anda bisa bersaing? Nah, perusahaan kecil juga memiliki kelebihannya sendiri, seperti kecepatan, hubungan dengan pelanggan, dan kepercayaan, antara lain. Jadi dalam artikel ini, Anda akan mempelajari beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk bersaing dengan para pemain besar di industri Anda.

1. Carilah Celah Pasar

Langkah pertama adalah menganalisis pesaing Anda. Meskipun perusahaan besar dapat menjadi pesaing yang menakutkan, mereka memiliki kelemahan juga. Menganalisis pesaing Anda dengan hati-hati akan membantu Anda mengidentifikasi kelemahan-kelemahan ini, serta mencari tahu kekuatan mereka dan bagaimana Anda dapat menanggapi mereka. Ada banyak cara berbeda dalam melakukan analisis kompetitif, dengan banyak kerangka kerja dan templat yang berbeda yang dapat Anda gunakan:

  • Ketahui target pelanggan mereka.
  • Buat daftar harga mereka.
  • Rinci strategi pemasaran mereka.
  • Identifikasi keunggulan kompetitif mereka.
  • Temukan kekuatan dan kelemahan mereka.

2. Rencanakan Serangan Anda

Sekarang saatnya untuk melihat setiap bidang kegiatan pesaing Anda dan lihat apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik atau sepenuhnya berbeda. Jadi lihat analisis kompetitif yang Anda buat di bagian terakhir, dan bandingkan dengan cara Anda berbisnis di perusahaan Anda sendiri. Daripada berhadapan langsung dengan kekuatan pesaing Anda, carilah peluang untuk menghindarinya dan ciptakan ruang kosong Anda sendiri di pasar.

3. Bertindak Cepat

Satu bidang di mana usaha kecil sering menikmati keuntungan adalah fleksibilitas. Umumnya, semakin besar perusahaan, semakin sulit untuk mengubah arah dengan cepat. Perusahaan kecil sering dapat merespon lebih cepat terhadap kejadian saat ini atau tren baru. Usaha kecil juga dapat menjalankan promosi khusus atau membuat produk baru berdasarkan semua jenis kejadian yang tidak terduga, seperti gelombang panas yang tiba-tiba atau berita lokal besar.

Di sisi lain, dibutuhkan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun yang besar untuk membuat keputusan dan mengalihkan semua operasinya menjadi sesuatu yang baru. Sekali lagi, ini tentang bermain untuk kekuatan Anda sendiri, bukan dari pesaing Anda. Perusahaan besar dapat mengambil keuntungan dari hal-hal seperti Olimpiade, di mana mereka memiliki empat tahun untuk mempersiapkan dan jutaan dolar untuk dibelanjakan untuk promosi. Anda dapat mengambil keuntungan dengan menjadi lincah dan merespon dengan cepat untuk peristiwa yang lebih cepat, sebelum seorang Goliat memiliki kesempatan untuk bereaksi.

4. Jangan Bersaing Dimana Anda Tahu Akan Kalah

Jangan terlibat dalam perkelahian yang tidak bisa Anda menangkan. Jadi, jika sebuah mega-korporasi mampu memotong harga Anda, misalnya, jangan tergoda untuk bersaing di sana. Sebaliknya, tekankan keunggulan kompetitif Anda yang lain. Usaha kecil ini tidak bersaing dengan perusahaan besar dengan mencoba menjual buku yang lebih murah. Pertahankan perjuangan di wilayah Anda sendiri, di mana Anda kuat, dan jangan bersaing di tempat Anda lemah. Dalam perang harga, perusahaan dengan kantong yang lebih dalam hampir selalu menang.

5. Gunakan Semua Alat

Dalam banyak hal, sekarang lebih mudah daripada sebelumnya untuk perusahaan yang sangat kecil untuk bersaing dengan raksasa. Untuk generasi sebelumnya pemilik usaha kecil, akan menghabiskan banyak uang untuk menjangkau khalayak massal melalui iklan di media dominan pada hari itu: surat kabar dan televisi. Bahkan kampanye iklan lokal menghabiskan banyak uang yang tidak mampu dibeli oleh perusahaan kecil. Tapi hari ini, penggunaan media sosial dan pemasaran konten dapat menempatkan Anda di hadapan banyak calon pelanggan, dengan sedikit investasi moneter.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text
Chat Whatsapp