Peluang Usaha Modal Dibawah 100 Jutaan WA:0813.9858.8880

Bisnis Franchise Dengan Investasi Modal dibawah 100 jt

Cara Merubah Jasa Menjadi Produk Bisnis

/
/
135 Views

Cara Merubah Jasa Menjadi Produk Bisnis

Apakah Anda seorang freelancer atau konsultan, menjual jasa adalah bisnis yang solid. Anda menyediakan klien dengan keterampilan Anda dan, sebagai imbalannya, mereka membayar Anda biaya untuk nilai yang Anda berikan. Namun, ada sisi buruknya. Karena penghasilan Anda terikat dengan waktu Anda, menjual layanan membatasi keuntungan dan peluang Anda.

Jika Anda tidak lagi memiliki kapasitas untuk mengambil klien baru, Anda tidak akan bisa menskalakan keuntungan Anda juga. Salah satu cara untuk membebaskan diri dari model ini adalah dengan menciptakan produk. Dengan layanan Anda yang dikemas ulang sebagai produk, Anda akan dapat menskalakan bisnis Anda dan melayani lebih banyak klien tanpa mengorbankan waktu Anda.

Apa Artinya”Memproduksi” Layanan Anda?

Definisi Produktivitas : “Membuat produk” layanan Anda biasanya berarti mengambil nilai, keterampilan, dan saran yang Anda berikan sebagai konsultan atau pekerja lepas, dan membiarkan produk memberikan sebagian dari nilai tersebut.

Memproduksi Layanan untuk Bisnis Kecil

Konsultan dan freelancer solo bukanlah satu-satunya penyedia layanan yang dapat memperoleh manfaat dari produksi. Bahkan agensi kecil dan kelompok konsultan dapat mengukur dampak dan pendapatan mereka dengan produk. Bahkan, sebagai sebuah kelompok, Anda memiliki lebih banyak pilihan untuk produk mana yang dijual karena Anda memiliki kumpulan bakat yang lebih luas untuk berkonsultasi.

Jadi, jika Anda bekerja dengan tim kecil, pertimbangkan tujuan dan keterampilan mereka saat merencanakan cara menghasilkan layanan. Libatkan mereka dalam proses, dan Anda akan dapat menciptakan sesuatu yang seluruh tim Anda akan diinvestasikan.

Produk Apa yang Dapat Anda Jual?

Setelah Anda mengenal apa itu produk dan apa yang dapat dilakukan untuk bisnis Anda, saatnya untuk melihat berbagai produk yang dapat Anda buat untuk pelanggan Anda.

Kursus dan Tutorial

Sebagai penyedia layanan, Anda memiliki keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang dapat Anda ajarkan kepada orang lain. Inilah sebabnya mengapa membuat kursus atau tutorial berbayar adalah cara yang populer bagi freelancer dan konsultan untuk mendapatkan penghasilan terukur. Anda dapat mengajarkan kursus yang berbagi keterampilan ekstensif yang memerlukan lebih dari satu sesi untuk belajar, atau Anda dapat mengajarkan tutorial singkat yang memungkinkan pelanggan Anda mempelajari keterampilan yang sangat spesifik dalam satu hari atau kurang.

Buat Situs Web untuk Mendistribusikan Kursus Anda

Jika Anda ingin lebih banyak kontrol tentang bagaimana kursus Anda disajikan dan dijual, Anda dapat menjalankan sendiri backend. Anda harus memilih prosesor pembayaran, mengintegrasikannya dengan situs web Anda, dan memiliki perangkat lunak untuk mengirimkan materi kursus. Ini mungkin terdengar luar biasa, tetapi dapat dikelola jika Anda menggunakan sistem manajemen pembelajaran yang membantu Anda membuat dan menjual kursus.

Anda dapat Mengisi Harga Tinggi untuk Kursus

Hal terbaik tentang kursus dan tutorial adalah Anda hanya perlu mengatur ulang keterampilan yang sudah Anda miliki dan menyajikannya dengan cara yang mudah dimengerti dan dapat ditindaklanjuti untuk audiens Anda. Juga, sebagai seseorang yang telah bekerja di bidang yang Anda ajar, Anda memiliki kredibilitas berdasarkan pengalaman dan sejarah klien Anda di dunia nyata.

2. Buku

Cara lain yang populer untuk mengemas layanan Anda sebagai produk adalah dengan buku. Buku membantu pelanggan Anda menemukan solusi DIY untuk masalah mereka, daripada solusi biasa untuk Anda yang biasanya Anda datangi sebagai konsultan atau freelancer. Buku-buku ini bisa datang dalam bentuk ebook, buku cetak, atau keduanya.

Mengapa Memulai Dengan Buku untuk Paket Layanan sebagai Produk?

Jika Anda ingin menghasilkan dari pengalaman dan pengetahuan Anda secara langsung, buku adalah produk paling sederhana yang dapat Anda hasilkan. Anda dapat membuat, menerbitkan, dan mulai menjual buku Anda bahkan tanpa bantuan ahli dan bantuan dari luar.

Tantangan Dengan Memproduksi Buku

Satu kelemahan dari produksi dengan buku adalah hal itu dapat menjadi tantangan jika Anda bukan seorang penulis. Anda memiliki pilihan untuk merekrut seseorang untuk menuliskannya untuk Anda tetapi ini mungkin memakan biaya besar, karena buku adalah proyek besar.

Tantangan lain yang mungkin Anda hadapi dengan buku adalah bahwa harga Anda terbatas dibandingkan dengan produk informasi lainnya. Buku sebagian besar berupa teks dan gambar, sehingga sering dijual dalam kisaran harga dua digit dolar. Terkadang, lebih rendah. Karena programnya kaya media, mereka dapat mengenakan biaya mulai dari beberapa ratus dolar hingga beberapa ribu.

3. Produk Berlisensi

Anda juga dapat membuat produk yang memungkinkan Anda menjual lisensi untuk produk, daripada akses eksklusif ke produk itu sendiri. Contoh umum dari ini adalah fotografer yang menjual foto saham. Profesi lain juga dapat melakukan ini, seperti programer yang menjual skrip dan plugin , atau musisi dan insinyur audio yang menjual lisensi ke audio dan musik mereka .

Sedangkan untuk desainer, Anda dapat menjual lisensi ke apa pun yang Anda buat, dari tipografi hingga grafik hingga ilustrasi. Salah satu contohnya adalah kartunis Mark Anderson . Selain menjual layanan untuk ilustrasi yang ditugaskan, ia telah menghasilkan layanannya dengan melisensi kartunnya secara individual danĀ  menjual layanan berlangganan yang memungkinkan pelanggan mengunduh dan menggunakan karyanya.

4. Template

Mirip dengan lisensi menjual template. Kecuali dengan templat, pelanggan sering dapat melakukan perubahan pada produk, hanya menggunakan templat sebagai kerangka awal untuk bekerja dengannya.

5. Aplikasi

Anda mungkin juga memutuskan untuk membuat dan menjual perangkat lunak. Ini bisa dalam bentuk aplikasi seluler, perangkat lunak desktop yang dapat diunduh, atau aplikasi online. Salah satu pendekatan umum adalah membuat Software-as-a-Service (SaaS). Produk SaaS ini biasanya dihosting di web dan membutuhkan langganan pengguna untuk digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text
Chat Whatsapp