Peluang Usaha Modal Dibawah 100 Jutaan WA:0813.9858.8880

Bisnis Franchise Dengan Investasi Modal dibawah 100 jt

Cara Memulai Usaha Laundry yang Benar

/
/
113 Views

Cara Memulai Usaha Laundry yang Benar

Salah satu bidang usaha fashion yang cukup banyak dicari adalah Usaha laundry. Selain jual beli baju baru, usaha cuci baju pun banyak diminati karena membeli baju setiap hari juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Usaha laundry juga dibutuhkan oleh orang-orang yang sibuk dengan tugas atau pekerjaan yang dijalani. Seperti mahasiswa atau pekerja pabrik luar daerah. Nah, jika anda tertarik dengan usaha ini, berikut ini cara memulai usaha laundry yang bisa anda lakukan dengan mudah.

  1. Cari lokasi yang tepat

Ketika anda akan memulai usaha laundry, selain modal yang memang sudah harus dan wajib dipersiapkan, anda juga harus mencari lokasi yang tepat untuk mendirikan usaha. Carilah lokasi yang padat dan ramai penduduk, dekat dengan kawasan rumah kos dan kontrakan, atau tempat yang sebagian besar penduduknya adalah mahasiswa dan pekerja asal luar daerah. Selain itu pilihlah lokasi yang sekiranya cukup untuk diisi dengan minimal 3 mesin cuci kecil, tempat setrika, loker untuk cucian yang siap ambil, juga memiliki tempat untuk jemuran.

  1. Beli peralatan untuk laundry

Nah, hal lain yang juga penting dalam cara memulai usaha laundry adalah peralatan laundry. Bagaimana anda bisa memulai usaha laundry jika peralatannya tidak ada? Oleh karena itu salah satu cara memulai usaha laundry adalah anda perlu mempersiapkan beberapa peralatan, antara lain mesin cuci minimal 2 atau 3 (bisa besar atau kecil sesuai dengan modal anda), sabun dan parfum laundry, tempat setrika, timbangan baju (bisa menggunakan timbangan untuk tepung atau buah yang modern), loker untuk cucian yang siap ambil, kantong plastik, dan alat untuk menjemur pakaian.

  1. Cari supplier sabun dan pewangi

Setelah memiliki lokasi dan peralatan yang dibutuhkan, cara memulai usaha laundry yang ketiga adalah mencari supplier untuk sabun cuci dan pewangi/ parfum laundry, karena jika anda membelinya secara ecer di toko atau supermarket pasti harganya lebih mahal dan belum tentu ada saat anda membeli ke toko. Tapi jika menggunakan jasa supplier tetap, harganya bisa lebih murah dan supplier bisa memastikan anda bisa mendapatkan sabun dan parfum yang anda inginkan. Jadi, bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya anda.

  1. Rencanakan manajemen usaha anda

Perencanaan manajemen usaha berkaitan dengan pengelolaan modal untuk belanja kebutuhan, perawatan alat, dan gaji karyawan (jika ada). Selain itu manajemen usaha ini juga berkaitan dengan berapa harga yang anda bandrol untuk jasa cuci 1 kg, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencuci, dan sebagainya

  1. Berikan layanan tambahan

Sebagai langkah promosi, selain dengan memasang papan nama atau banner jasa laundry serta membagikan brosur, anda juga bisa memberikan layanan tambahan. Seperti antar jemput cucian, jasa cuci kilat, jasa cuci 3 kali gratis 1 kali cuci kering setrika gratis, dan sebagainya.

Itulah tadi beberapa cara memulai usaha laundry yang tepat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text
Chat Whatsapp