Peluang Usaha Modal Dibawah 100 Jutaan WA:0813.9858.8880

Bisnis Franchise Dengan Investasi Modal dibawah 100 jt

Cara Analisa Peluang Usaha berdasarkan Jenis Produk dan jasa

/
/
132 Views

Cara Analisa Peluang Usaha berdasarkan Jenis Produk dan jasa

5 Cara Analisa Peluang Usaha berdasarkan Jenis Produk/Jasa

Salah satu hal yang penting ketika anda mantap untuk menjalankan usaha sendiri atau yang disebut juga berwirausaha, maka anda pun harus bisa menganalisa peluang usaha. Hal ini penting, karena akan menyangkut dengan kelanjutan dan prospek kesuksesan usaha anda untuk kedepannya. Dengan analisa usaha anda juga bisa menetapkan rencana cadangan ketika nanti terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan analisa awal.

Jika anda sudah memiliki rencana tentang usaha apa yang akan anda jalankan, maka anda bisa menggunakan teknik SWOT sebagai cara analisa peluang usaha anda. Tapi jika anda masih bingung dengan teknik SWOT, anda bisa menngunakan cara analisa peluang usaha berdasarkan jenis produk/jasa seperti di bawah ini.

  1. Minat seseorang

Anda harus melihat dulu, skill, minat, dan keahlian anda dalam berwirausaha dalam bidang apa. Apakah berjualan produk, atau membuka jasa? Apakah dalam bidang pendidikan, peternakan, kuliner, otomotif, kecantikan, fashion, aksesori, atau dalam bidang yang lain? misalnya anda berminat lebih pada bidang jasa, dan keahlian anda ada pada bidang pendidikan, anda memiliki skill untuk berbahasa, maka anda bisa membuka jasa les bahasa, penerjemah, atau penulis konten dan artikel.

  1. Modal

Yang kedua adalah analisis modal yang anda miliki. Baik berupa modal finansial, material, maupun mental. Seperti ketersediaan modal awal yang digunakan untuk sewa lokasi atau mendirikan kedai, modal untuk membeli bahan produksi atau alat-alat produksi (jika belum ada), bisa juga digunakan untuk reparasi dan perawatan alat produksi yang sudah ada, dan sebagainya. Sedangkan modal mental juga perlu dianalisa, apakah anda selaku calon pengusaha sudah siap bertemu dengan berbagai macam karakter konsumen, apakah siap mendapat kritik dan saran jika produk anda kurang memuaskan, dan sebagainya.

  1. Relasi

Relasi juga penting dalam cara analisa peluang usaha berdasarkan jenis produk/jasa. apakah ada keluarga atau teman yang sudah terlebih dahulu menekuni usaha yang sama. Jika sudah ada, anda bisa bernegosiasi untuk melakukan kerjasama atau belajar dari yang sudah lebih dahulu “terjun ke lapangan”. Jika tidak bisa maka anda harus memiliki satu ciri khas yang membuat usaha anda berbeda.

  1. Kecocokan antara kebutuhan masyarakat dengan jenis usaha tertentu

Hal ini juga penting dalam cara analisa peluang usaha. Anda harus melihat kebutuhan masyarakat disekitar anda dengan usaha yang akan anda dirikan. Misalnya jika anda berada di kawasan yang sebagian besar penduduknya mahasiswa atau berdekatan dengan kampus, maka usaha yang cocok adalah jasa print dan fotocopy dan penjilidan, warung nasi, laundry, jasa penerjemah. Namun jika anda berada di daerah yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga, maka usaha yang cocok adalah dagang sayur atau mendirikan warung kelontong.

  1. Banyak sedikitnya pesaing

Hal terakhir yang juga harus anda perhatikan adalah pesaing. Jika anda benar-benar baru dalam dunia usaha, sebaiknya anda mengambil usaha yang masih sedikit pesaingnya, setidaknya di lingkungan tempat anda berencana membuka usaha. Namun, jika anda sudah siap dan sangat yakin bahwa usaha anda bisa bertahan, maka boleh saja anda membuka usaha yang banyak pesaingnya.

Nah, itulah beberapa cara analisa peluang usaha berdasarkan  jenis produk/jasa yang harus anda ketahui. Dengan begitu, anda bisa bersiap diri dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

It is main inner container footer text
Chat Whatsapp